RSS

Terumbu Karang, The Beauty Queen From Underwater World


Apasih terumbu karang itu? Terumbu karang adalah tumbuhan warna-warni  yang ada dibawah laut! Iya semua pasti mikir hal yang sama saat mendengar dua kata itu. Tapi, kalian tau gak sih apa itu terumbu karang sebenarnya?

Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. Hewan karang yang bentuknya aneh, menyerupai batu dan mempunyai warna dan bentuk beraneka rupa. Hewan ini disebut polip, merupakan hewan pembentuk utama terumbu karang yang menghasilkan zat kapur. Polip-polip ini selama ribuan tahun membentuk terumbu karang. 


Zooxanthellae adalah suatu jenis algae yang bersimbiosis dalam jaringan karang. Zooxanthellae ini melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan hewan karang. Di lain pihak, hewan karang memberikan tempat berlindung bagi zooxanthellae.


Dalam ekosistem terumbu karang ada karang yang keras dan lunak. Karang batu adalah karang yang keras disebabkan oleh adanya zat kapur yang dihasilkan oleh binatang karang. Melalui proses yang sangat lama, binatang karang yang kecil (polyp) membentuk kolobi karang yang kental, yang sebenarnya terdiri atas ribuan individu polyp. Karang batu ini menjadi pembentuk utama ekosistem terumbu karang. Walaupun terlihat sangat kuat dan kokoh, karang sebenarnya sangat rapuh, mudah hancur dan sangat rentan terhadap perubahan lingkungan.


Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat diidentifikasi menjadi dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung

Manfaat dari terumbu karang yang langsung dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah:
sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia dalam bidang pangan, seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning).


Selain itu, terumbu karang juga bisa dijadikan objek pariwisata, wisata bahari melihat keindahan bentuk dan warnanya, penelitian dan pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya.


Sedangkan yang termasuk dalam pemanfaatan tidak langsung adalah sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang dan ombak laut, serta sebagai sumber keanekaragaman hayati

Sepintas, terumbu karang terlihat seperti halnya tumbuhan warna-warni yang juga ada di daratan ya guys! Tapi sebenernya terumbu karang itu hasil simbiosis tumbuhan dan hewan ternyata. Udah gitu, banyak banget berjasa bagi kehidupan manusia. Sayangnya semakin hari semakin langka keberadaan sang the queen of beauty from underwater ini :(

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar