RSS

Terumbu Karang Terlangka Dunia

Kep.Marshaal, CyberNews. Terumbu karang terlangka di dunia berhasil ditemukan ilmuwan Australia di Samudra Pasifik bagian utara. Karang jenis Elkhorn Pasifik ditemukan, saat para ilmuwan tengah melakukan survei di dasar laut Arno Atoll di Kepulauan Marshall.

Jenis karang ini diduga memiliki kemiripan fisik dengan karang jenis palmata Acropora yang berada di Samudra Atlantik. Namun setelah dilakukan studi genetika, ternyata karang tersebut berasal dari spesies yang berbeda.

Dr Zoe Richards, peneliti karang dari ARC Center of Excellence untuk Studi Terumbu Karang (CoECRS) saat itu tengah meneliti Arno Atoll, karang dengan tipe terumbu cincin (atoll). "Ketika saya pertama kali melihat karang ini, saya benar-benar terkejut melihat bentuk fisik karang itu," ujarnya.

Dikatakan, ciri-ciri karang yang ditemukannnya ini memiliki lebar hampir lima meter dan tingginya mencapai dua meter serta cabang-cabangnya bercampur seperti tanduk rusa. "Ini tidak seperti yang saya temukan di Samudra Pasifik sebelumnya." tambahnya.

Richards menambahkan, sejauh ini, dirinya baru menemukan batu karang kecil yang tersebar di sepanjang hamparan Kepulauan Marshall. Karang langka tersebut relatif tumbuh di air dangkal.

"Sejauh ini masih ada 200 karang yang belum ditemukan di daerah-daerah terpencil," papar Richards seraya menyatakan bahwa karang tersebut terancam punah ekosistemnya jika tidak segera diselamatkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar